Pemberian Makanan Padat Pertama Bayi Setelah ASI

Makanan padat pertama bayi Anda
Memperkenalkan bayi Anda pada makanan padat - terkadang disebut menyapih atau makanan pendamping - harus dimulai ketika bayi Anda berusia sekitar 6 bulan.

Berapa banyak makan bayi Anda kurang penting untuk memulai daripada membuat mereka terbiasa dengan gagasan makan. Mereka akan tetap mendapatkan sebagian besar nutrisi dari ASI atau formula bayi pertama.

Pemberian Makanan Padat Pertama Bayi Setelah ASI


Mulailah dengan menawarkan makanan pada waktu yang cocok untuk Anda berdua. Anda akan dapat meningkatkan jumlah dan variasi makanan bayi Anda secara bertahap hingga mereka dapat makan porsi kecil dari makanan yang sama dengan anggota keluarga lainnya.

Kapan memulai menyapih bayi Anda
Bayi mendapatkan sebagian besar nutrisi yang mereka butuhkan dari ASI atau susu formula bayi pertama sampai mereka berusia sekitar 6 bulan.

Jika Anda menyusui, memiliki ASI sendiri hingga usia sekitar 6 bulan akan membantu melindungi bayi Anda terhadap penyakit dan infeksi. ASI akan terus melindungi mereka selama Anda terus menyusui.

Menunggu sampai bayi Anda siap untuk makanan padat berarti mereka akan cepat dapat memberi makan diri mereka sendiri dan akan dapat menelan lebih mudah.

Anda mungkin bertanya-tanya apakah bayi Anda siap untuk makanan padat jika mereka:

mengunyah tinju mereka
bangun di malam hari meskipun mereka tidur sebelumnya
ingin mendapat susu tambahan
Tetapi ini semua adalah perilaku normal untuk bayi dan belum tentu merupakan tanda bahwa mereka lapar atau siap untuk memulai makanan padat.

Memulai makanan padat tidak akan membuat bayi Anda lebih mungkin tidur sepanjang malam. Pakan susu tambahan biasanya cukup sampai mereka siap untuk makanan padat.

Bayi dan alergi makanan
Ragam pola makan bayi Anda sangat penting, tetapi ada kemungkinan mereka alergi terhadap makanan tertentu.

Penting untuk memperkenalkan makanan ini satu per satu - dan tidak sebelum 6 bulan:

susu sapi
telur
makanan yang mengandung gluten, termasuk gandum, barley atau gandum hitam
makanan yang mengandung kacang atau biji (anak-anak di bawah 5 tahun tidak boleh memiliki kacang utuh karena risiko tersedak)
ikan dan kerang
Tidak ada bukti bahwa menunggu sampai anak Anda lebih tua akan menghentikan mereka mengembangkan alergi makanan.

Setelah bayi Anda siap untuk makanan padat, berikan saja makanan-makanan ini dalam jumlah yang sangat kecil dan perhatikan dengan saksama untuk setiap gejala reaksi alergi.

Jika bayi Anda sudah memiliki alergi yang diketahui - seperti alergi makanan yang didiagnosis atau eksim, atau Anda memiliki riwayat keluarga alergi makanan, eksim, asma atau demam hay - Anda mungkin perlu sangat berhati-hati saat memperkenalkan kacang dan produk kacang.

Bicaralah dengan dokter atau pengunjung kesehatan Anda terlebih dahulu. Ingat, kacang tanah, seperti semua kacang, harus dihancurkan atau digiling.

Lihat lebih lanjut tentang alergi makanan pada bayi dan balita.

Bagaimana cara memulai makanan padat
Cobalah untuk tidak khawatir tentang berapa banyak bayi Anda makan pada awalnya. Akan ada beberapa hari ketika bayi Anda makan lebih banyak dan lainnya ketika mereka makan lebih sedikit, dan mereka mungkin menolak beberapa makanan sepenuhnya.

Jangan ditunda. Semua bayi berbeda, dan beberapa belajar untuk menerima makanan dan tekstur baru lebih cepat daripada yang lain.

Untuk membuat bayi Anda memulai dengan makanan padat:

biarkan mereka menikmati menyentuh dan memegang makanan
biarkan bayi Anda memberi makan dirinya sendiri, menggunakan jari-jari mereka, segera setelah mereka menunjukkan minat
mungkin perlu waktu bagi bayi Anda untuk menerima makanan baru - terus berusaha, karena mungkin diperlukan beberapa kali usaha
jangan memaksakan bayi Anda untuk makan - tunggu hingga umpan berikutnya jika mereka tidak tertarik kali ini
jika Anda menggunakan sendok, tunggu hingga bayi Anda membuka mulut sebelum Anda menawarkan makanan - bayi Anda mungkin ingin memegang sendok juga
biarkan bayi Anda pergi dengan kecepatan mereka sendiri
mulailah dengan hanya menawarkan beberapa potong atau sendok teh makanan, sekali sehari
mendinginkan makanan panas dan mengujinya sebelum memberikannya kepada bayi Anda
jangan menambahkan gula atau garam (termasuk kubus stok) ke makanan bayi atau air rebusan Anda - lihat makanan lain apa yang harus dihindari agar bayi Anda tidak diberikan
selalu tinggal dengan bayi Anda ketika mereka makan jika mereka mulai tersedak
Pemberian Makanan Padat Pertama Bayi Setelah ASI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ndhuwursengkan

No comments:

Post a Comment